Assalamualaikum wr.wb.. HI GUYS !!!! This is my First Blog,, I want to tell you about K-Pop So guys .. I love K-pop because They give me inspiration to write this blog.. so check it out :)

Jajanan Jawa (Jajanan Pasar Tradisional Di Jawa)



       Kali ini akum au bahas tentang jajanan yang ada dipasar tradisioal jawa ,buat kalian semua harus coba yaa ,dijamin pasti ketagihan makan jajanan tradisional:

KLEPON




Klepon adalah makanan  yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa. Biasanya klepon berwarna hijau, jadi perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.klepon sangat manis dan enak.

 
CENIL




Cenil adalah makanan ini kenyal dan manis, bentuknya warna-warni. Dengan tambahan parutan kelapa ini, membuat cenil lebih enak disantap.


GETHUK LINDRI



Makanan berbahan dasar singkong ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama yang tinggal di jawa tengah (aku suka banget gethuk lindri).. Selain gethuk lindri di setiap daerah di jawa memiliki jenis getuk sendiri. Getuk lindri merupakan kue khas nusantara dari kota Magelang dan Jogja yang sering dijadikan oleh oleh.

LEMPER



 
Lemper adalah salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan dan di dalamnya di isi dengan abon sapi, atau daging baik daging ayam maupun ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih, karena ketannya dimasak dengan mencampurkan santan kelapa.

 AREM AREM

 
Arem-arem merupakan makanan tradisonal yang berbahan dasar nasi lalu diisi sayuran atau sambal goreng kemudian dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem ukurannya lebih besar daripada lemper

WAJIK

 

Wajik adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan, dicampur dengan santan dan juga gula merah yang memiliki cita rasa manis dan gurih khas indonesia tentunya.

SEMAR MENDEM


Makanan ini bahan utamanya adalah beras ketan yang sebaiknya kita meumilih beras ketan yang baik sehingga nanti hasilnya meumuaskan,makanan ini hampir sama dengan lemper hanya bedanya digulung dengan dadar telur yang teklah kita ukur ukurannya

PUTU AYU/PUTRI AYU


Kue basah tradisional yang enak dan lembut ini merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang hingga saat ini masih populer. Kue putu ayu atau sering disebut juga kue putri ayu ini memilki tampilan warna yang cantik, yaitu hijau dan putih dari kelapa yang diparut.
 
ONDE ONDE


        Onde onde berbentuk bulat dengan balutan wijen mirip kue wijen tapi kue onde onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bagian dalam kue  diisi dengan kacang hijau membuat kue onde onde terasa nikmat. Di malaysia onde onde sering disebut kue buih dengan isi kelapa atau kacang.

GATOT

       

Gatot adalah makanan khas Gunungkidul. Makanan ini berbentuk dadu, agak lengket, warnanya coklat agak kehitam-hitaman. Rasa dari gatot cukup unik, biasanya gatot ini disantap dengan taburan kelapa parut, ataupun gula pasir, yang melengkapi citarasa gatot menjadi lebih sensasional.

0 komentar:

Posting Komentar